Solusi Video Youtube Tidak Tampil di Browser Terkait HTML5


Selasa, 24 Oktober 2017
Label:
Advertisement
Penghuni-60 | Solusi Video Youtube Tidak Tampil di Browser Terkait HTML5

Sekedar berbagi pengalaman saja. Karena hal ini adalah pertama kalinya saya alami setelah sekian lama ngeblog dan bermain video Youtube. Untuk pertama kalinya juga saya dikejutkan dengan masalah yang tiba-tiba saja muncul saat saya memposting sebuah video baru di Youtube. Masalahnya bukan terjadi saat saya memposting, tapi masalah muncul begitu saya hendak memutar video tersebut, alhasil videonya tidak dapat di putar dan disitu hanya muncul dua baris tulisan sebagai berikut:
Your browser does not currently recognize any of the video formats available.
Click here to visit our frequently asked questions about HTML5 video.
Nah loh?? Sontak saja saya bingung. Ada apa ini? Apa saya salah pasang script code? Tapi disitu dituliskan bahwa letak masalahnya ada pada browser yang saya pakai, dan sejak dulu hingga sekarang saya masih setia menggunakan browser Firefox.

Baca Juga:

Solusi Video Youtube Tidak Tampil di Browser Terkait HTML5

Masih sedikit penasaran, akhirnya saya klik link yang tertera pada dua baris tulisan di video tersebut yang mengarahkan saya kepada halaman penjelasan dari Youtube.

Di halaman itu dijelaskan bahwa saat ini video di Youtube seringkali diputar memakai HTML5. Nah loh, apa lagi itu? Selidik punya selidik, HTML 5 adalah elemen baru yang diterapkan untuk memainkan video ataupun film di web tanpa plugin. Tapi kendalanya adalah belum ada kesepakatan format video tersebut dengan browser yang mendukungnya.

Lalu, bagaimana solusinya?

Untuk Firefox, ternyata caranya sangat mudah yaitu cukup menambahkan Add-ons YouTube Flash Player yang dapat kita download melalui link resminya di sini. Silahkan Anda klik tombol hijau bertuliskan +Add to Firefox. Secara otomatis akan terinstall di browser Firefox milik Anda.

Solusi Video Youtube Tidak Tampil di Browser Terkait HTML5

Solusi Video Youtube Tidak Tampil di Browser Terkait HTML5

Add-ons ini akan menampilkan tombol layaknya tombol on-off, alias kita bisa mengaktifkan dan menonaktifkan add-ons tersebut dengan cara mengklik tombol yang bergambar simbol “f” yang muncul di bagian menu tools pojok kanan atas. Sehingga dengan mudah kita bisa mengontrol sesuai keinginan kita, manakala ada video youtube yang memakai HTML5 cukup klik tombol tersebut hingga hilang warna merahnya, sebaliknya jika warna tombol tersebut merah, maka posisinya sedang off atau tidak aktif.

Mudah bukan??

  • Note: Cara di atas hanya untuk mengatasi video HTML5 Youtube yang tidak bisa diputar di browser Firefox.

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

8 komentar:

  1. Balasan
    1. komentar kesalahan yg muncul apa sob? browser yg dipake khusus firefox ya

      Hapus
    2. simbol f sudah terpasang dan on/off diaktifkan tapi tetap belum bisa mengakses video youtube

      Hapus
    3. ada pesan apa yang muncul di videonya?

      Hapus
  2. berhasil ,cuma 1 ,saya kalo liat live streaming tetep yg muncul tulisan format video bla bla htlm gitu ,gimana ya -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake browser firefox? Coba browser firefoxnya diupdate blm? soalnya, pengalaman saya, cara diatas udh gak berlaku lg utk firefox yg udh update versi terbaru...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry, don't put a link on your comment! 😑

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.