Awal Puasa Ramadhan 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa?


Selasa, 15 Mei 2018
Label:
Advertisement
Penghuni-60 | Awal Puasa Ramadhan 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Mungkin saat ini, banyak diantara umat muslim yang menanyakan hal ini dalam benaknya. Kapan sih awal bulan puasa? Yup, bulan suci Ramadhan sebentar lagi tiba, umat muslim sudah tentu menyambutnya dengan penuh gembira. Satu bulan penuh kita diwajibkan berpuasa.

Nah, menjelang awal bulan puasa pasti ada diantara kalian yang bertanya, kapan sih awal puasa Ramadhan tahun ini? Sama, saya juga sempat bertanya-tanya kepada teman, saudara, ataupun sahabat. Mungkin karena seringkali terjadi perbedaan penentuan tanggal awal puasa antara Muhammadiyah dan NU.

Baca Juga:

Awal Puasa Ramadhan 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Muhammadiyah sendiri telah menetapkan awal puasa Ramadhan atau 1 Ramadhan 1439 H di tahun 2018 ini jatuh pada tanggal 17 Mei 2018 hari Kamis. Sedangkan menurut NU dan Pemerintah biasanya menunggu hasil keputusan sidang isbat. Kita berdoa saja semoga tahun ini tidak ada perbedaan awal bulan puasa. Namun jika pun terjadi, itu jangan dijadikan sebagai masalah yang besar, umat Islam tetap harus bersatu.

Apalagi mengingat dengan banyaknya kasus terorisme yang muncul baru-baru ini, dimana hal ini menjadi cobaan tersendiri bagi umat muslim untuk dapat menyikapinya dengan baik. Jangan sampai hal ini memecah belah persatuan dan kesatuan umat muslim khususnya, dan bangsa Indonesia umumnya.

Meskipun hasilnya menunggu keputusan sidang isbat sore hari ini, namun saya dapat bocoran dari teman saya yang bekerja di salah satu stasiun televisi, katanya awal Puasa Ramadhan baik Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah ditetapkan di hari yang sama yaitu: Kamis, 17 Mei 2018.

Apakah benar? Tunggu saja sore ini habis magrib. Semoga benar.

Update 16/05/18: dan ternyata.... BENAR!!!

Sebelumnya, saya selaku admin blog Penghuni 60 ini mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya barangkali ada perkataan atau tulisan saya yang tidak berkenan di hati para pembaca. Mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita.

Marhaban Ya Ramadhan....

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.