Memberantas Sarang Tawon dan Mengusir Penghuninya


Minggu, 15 Oktober 2017
Label: ,
Advertisement
Penghuni-60 | Memberantas Sarang Tawon dan Mengusir Penghuninya

Ini mungkin sesuatu untuk pertama kalinya dalam hidup saya melihat sarang tawon segede bola basket nemplok di rumah kelahiran saya. Hampir tidak diketahui kapan tawon-tawon itu bekerja membuat sarang hingga akhirnya sebesar itu. Ah, seandainya ketahuan dari ukuran sarangnya yang masih kecil sudah saya hancurkan sarangnya terlebih dahulu.

Jujur, saya paling benci dan takut disengat sama tawon. Karena saya sudah pernah mengalaminya dan merasakan sendiri bagaimana rasanya disengat oleh tawon, padahal tawon itu badannya kecil. Saya masih ingat ketika saya disengat yang saya rasakan seketika itu juga sekujur tubuh terasa kaku dan keluar keringat dingin serta bagian yang tersengat terasa sangat panas. Pengalaman yang tak pernah saya lupakan.

Baca Juga:

Memberantas Sarang Tawon dan Mengusir Penghuninya

Dan kini, wow, saya dihadapkan dengan koloni tawon yang entah seberapa banyak mereka menghuni sarang segede itu. Langsung deh saya searching di mbah Google dan menemukan berbagai macam informasi tentang tawon. Ternyata tawon yang membuat sarang dirumah kelahiran saya itu memiliki nama yang terkenal sebagai 'Tawon Endas'. Endas sendiri dalam bahasa Jawa artinya adalah kepala. Bisa diberi nama demikian karena memang konon katanya tawon jenis ini paling demen nyerang bagian kepala. Tubuhnya sangat besar dan berwarna hitam, namun ada bagian polet warna merah di bagian belakangnya.

Memberantas Sarang Tawon dan Mengusir Penghuninya

Sebenarnya, sarang tawon sendiri katanya sih memiliki manfaat bagi kesehatan. Dikarenakan ia terbuat dari bahan-bahan alami yang diambil dari tumbuh-tumbuhan. Itulah mengapa banyak orang-orang ahli herbal yang mencarinya untuk diracik sebagai ramuan herbal. Dari informasi yang saya dapat, manfaat sarang tawon ternyata bisa membantu berbagai macam penyakit, diantaranya tumor, mengandung antioksidan, jantung, kanker, penyembuhan luka, stress, diabetes, dan masih banyak lagi. Pantas saja, jika ternyata banyak orang-orang yang membudidayakan serta menjualnya.

Satu lagi hal yang unik terkait dengan sarang tawon adalah adanya kolektor sarang tawon. Nah, loh.. ternyata ada seseorang yang hobinya mengoleksi sarang tawon dari berbagai macam tempat di dunia. Siapakah dia? Dia adalah Terry Prouty. Semenjak usia anak-anak ia memang sudah memiliki ketertarikan pada tawon. Maka tidak heran ketika beranjak dewasa ia mulai berburu sarang tawon. Biasanya ia mendapatkan sarang tawon dengan harga berkisar 10 dollar hingga 200 dollar. Wow! Ia paling sering mendapatkannya melalui online di internet. Kini ia tinggal di Oklahoma bersama koleksi sarang tawonnya.

Memberantas Sarang Tawon dan Mengusir Penghuninya

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara memberantas sarang tawon dan mengusir tawon dari sarangnya tersebut. Sudah tentu jika mereka bersarang di rumah kita pasti sangat mengganggu bukan? Sebenarnya, ada dua pilihan dalam mengusir tawon ataupun memberantas sarangnya, pilihannya adalah dengan cara kasar dan dengan cara halus.

Mengusir tawon atau memberantas sarang tawon secara halus
  • Gunakan Asap. Tawon biasanya akan merasa tidak nyaman manakala ada asap yang menyelubungi sarang mereka. Mereka akan berhamburan keluar. Untuk membuat asap, Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti kardus, kertas koran, ataupun ban bekas. Bakarlah bahan-bahan tersebut hingga menghasilkan asap. Setelah tawon-tawon itu pergi, barulah Anda ambil sarangnya.
  • Gunakan sabun detergent. Pakailah alat semprot, lalu semprotkan sabun detergent yang sudah dicampur air ke lubang pintu masuk tawon-tawon tersebut sehingga mereka akan merasa terusik dan meninggalkan sarangnya.
Mengusir tawon atau memberantas sarang tawon secara kasar
  • Bakar langsung sarang tawonnya dengan api yang membara
  • Semprotkan Air dengan kekuatan penuh sehingga dapat menghancurkan sarang tawon beserta isinya.
  • Hancurkan dengan ketapel (jika sarangnya ada di perumahan ini tidak disarankan). Setelah sarangnya hancur, tawon akan pergi meninggalkannya mencari tempat bersarang yang baru.
  • Semprot dengan insektisida



Nah, itulah beberapa ide yang bisa dipakai untuk mengusir tawon dari sarangnya serta menghancurkan sarang tawonnya. Tapi ingat satu hal, sebelum melakukan ide-ide diatas perhatikan pakaian pengaman yang harus Anda kenakan, contohnya penutup kepala, baju lengan panjang, celana panjang, dan sebagainya untuk menghindari sengatan tawon yang mungkin bisa tanpa kita sadari sebelumnya.

Hmmm, mana yang ingin saya terapkan untuk memberantas sarang tawon di rumah saya ya?

Bingung sendiri...

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.