Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan


Minggu, 05 Januari 2020
Label:
Advertisement
Penghuni-60 | Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan

Gila, hari ini benar-benar sudah membuat kepala saya pening gara-gara pas ngedit HTML template blog saya tidak bisa disimpan. Berbagai cara sudah saya lakukan, tapi tetap saja manakala saya klik menu pilihan untuk menyimpan perubahan tidak berfungsi sama sekali.

Ini terjadi setelah saya menuruti saran blogger untuk memilih mencoba tampilan blogger baru. Di tampilan blogger baru ini ada beberapa tampilan di bagian komentar dan tema yang mengalami perubahan. Mungkin karena disesuaikan untuk tampilan seluler. Namun sayangnya menu pilihan untuk menyimpan perubahan pada template (yang bergambar ikon floopy disk) seringkali tidak berfungsi. Dan hari ini fatal tidak berfungsi sama sekali. Entah kenapa.

Baca Juga:

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan

Awalnya saya pikir hal ini terjadi hanya pada saya sendiri, namun ternyata beberapa teman blogger saya juga ada yang mengalaminya. Dari situlah saya mengambil kesimpulan mungkin blogger sedang mengalami kendala atau ada perbaikan.

Akhirnya, saya mencoba mengutak-atik beberapa cara atau trik saya sendiri karena saya paling hobi ngulik. Langkah pertama saya coba cari menu pilihan untuk mengembalikan ke tampilan blogger sebelum ada perubahan, ternyata tidak saya temukan.

Lalu, saya iseng melakukan trik di bawah ini yang ternyata berhasil. Mau tau apa triknya? Yuk ikutin langkah-langkahnya berikut ini:
  • 1) Download template blog yang ada saat ini. 
Caranya:

- Login ke akun blogger, lalu pilih Tema

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan

- Dipojok kanan atas ada tanda titik tiga, silahkan diklik nanti muncul pilihan menu, pilih ‘Cadangkan’

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan

- Maka akan muncul jendela pilihan, lalu pilihlah ‘DOWNLOAD’. Pada jendela download yang muncul pilih ‘Save File’

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan
  • 2. Edit file yang sudah didownload. 
Setelah mendapatkan file hasil download tadi yang berjenis file XML Document, silahkan kamu buka file tersebut dengan menggunakan program WordPad, lalu silahkan kamu edit sesuka kamu apa saja yang ingin kamu edit. Setelah itu simpan filenya.

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan
  • 3. Setelah kamu simpan filenya, maka upload kembali file template tersebut ke blogger. 
Caranya:

- Pilih menu Tema, klik lagi tanda titik tiga, lalu pilih menu ‘Pulihkan’

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan

- Di jendela yang muncul pilih ‘UPLOAD’.

Trik Mengatasi Masalah Edit HTML Blogger Tidak Bisa Disimpan

- Cari filenya, lalu Open. Akan muncul tulisan proses di bagian pojok kiri bawah. Tunggu sampai proses pemulihan Tema selesai.

Setelah melakukan ketiga cara diatas, silahkan kamu cek blog kamu. Apakah sudah berubah atau belum. Jika belum juga berubah, kemungkinan ada faktor lain yang bermasalah.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.