Ngeblog Tanpa Blogwalking Bagai Langit Malam Tanpa Bintang


Jumat, 25 Juni 2021
Label: ,
Advertisement
Penghuni-60 | Ngeblog Tanpa Blogwalking Bagai Langit Malam Tanpa Bintang

Hellow Sobat Penghuni 60 semuanya yang ada diseluruh penjuru dunia, apa kabar? Semoga Sobat semua masih diberikan kesehatan selalu, aamiin…

Ngeblog adalah salah satu kegiatan yang sudah 10 tahun lebih saya jalani. Saya kerjakan disamping kesibukan utama saya di kantor. Bahkan ngeblog dari awal pertama ngeblog hingga saat ini saya selalu melakukannya di sela-sela jam kantor saya yang bisa dibilang cukup sibuk. Lho, emangnya kenapa harus dilakukan di kantor? Kenapa gak dirumah aja, misalkan malam hari gitu? Nah, ini nih yang pernah saya singgung dulu disebuah postingan lama saya, barangkali ada yang lupa ataupun belum tahu, bahwasanya saya adalah blogger paruh waktu.

Baca Juga:

Ngeblog Tanpa Blogwalking Bagai Langit Malam Tanpa Bintang
Kegiatan yang paling saya sukai saat ngeblog adalah blogwalking, bagaimana dengan Sobat?
---------

Kenapa saya bilang kalo saya adalah blogger paruh waktu? Karena jujur, saya hanya bisa ngeblog mengandalkan komputer kerja saja (alias curi-curi pandang, ups salah maksudnya curi-curi waktu gitu, hehe…). Saya gak punya yang namanya laptop, PC pribadi, tablet, bahkan hape yang saya pegang pun masih jadul. So, begitulah kehidupan ngeblog saya yang saya jalani.

Karena waktu ngeblog yang sedemikian terbatasnya, maka sudah tentu hal ini berdampak pada waktu untuk melakukan posting, mencari ide-ide untuk posting, dan terutama lagi berdampak juga pada waktu untuk melakukan ‘blogwalking’. Padahal saya ini mengurus blog jumlahnya ada 7 loh… pusing-pusing deh situ… hihihi…



Sebenarnya, hal yang paling saya sukai saat ngeblog itu adalah blogwalking. Karena dari kegiatan blogwalking kita akan mendapatkan buanyaaaaak sekali hal-hal yang bermanfaat, diantaranya:
  • 1) Dengan blogwalking, tentu saja kita akan menemukan berbagai macam jenis blog yang menyajikan aneka macam tema. Dari mulai tema kuliner, jalan-jalan, sampe ke puisi dan curhatan segala.. seru deh… 
  • 2) Dengan menemukannya blog bermacam-macam itulah maka ilmu ataupun informasi yang kita dapatkan pun bermacam-macam pula, intinya blogwalking dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Catet! 
  • 3) Blogwalking juga akan dapat membawa kita keliling dunia, lho kok bisa? Yup, karena dengan blogwalking kita bisa saja terdampar ke benua Amerika, Australia, Asia, dan semua benua melalui profil blogger mereka yang berasal dari berbagai negara tersebut, yang pada intinya akan menambah banyak teman blogger. Asik bukan???
  • 4) Dengan melakukan blogwalking, otomatis akan secara tidak sengaja sama saja memperkenalkan blog milik kita kepada semua orang (pemilik blog) yang kita kunjungi, dengan catatan: jangan lupa meninggalkan komentar di kolom komentar mereka. Karena tidak kita suruh pun mereka pasti akan ikut berkomentar di postingan kita. Percayalah sama saya! 
  • 5) Dengan semakin banyaknya pengunjung yang hadir karena ingin membalas kunjungan kita di blog mereka, otomatis, bagi yang memasang adsense di blognya, ini akan sangat bermanfaat sekali. Intinya, blogwalking dapat membantu penghasilan adsense loh… wow, makin asik donk… bisa buat beli bakso tuh

Selama 10 tahun lebih juga, dari hasil penelitian saya pribadi, tidak pernah berubah, blog yang tenar dan blog yang banyak pengunjungnya itu adalah blog yang pemiliknya rajin melakukan ‘blogwalking’. Itulah mengapa saya bilang bahwa ngeblog tanpa blogwalking ibarat langit malam tanpa bintang. Yang ada hanya kegelapan malam, sunyi, dan sepi.

Saya rasa masih banyak lagi hal bermanfaat lainnya selain kelima poin diatas yang saya tulis. Silahkan Sobat tambahin di kolom komentar ya, apa lagi manfaat dari blogwalking, biar semua blogger tahu arti pentingnya blogwalking.

Segitu saja tulisan dari saya, untuk yang belum sempat saya balas kunjungannya, mohon dimaklumi, karena saya hanya seorang blogger paruh waktu. ^_^ InsyaAllah, akan saya balas satu persatu.

Happy Blogging… Happy Blogwalking… And Happy Weekend... ^_^

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

118 komentar:

  1. Baru tahu kalo blognya ada 7, banyak banget kang. Makin takjub karena ngerjainnya cuma di kantor.

    Kalo aku juga ngga punya laptop atau komputer sih, cukup pakai hape android bisa untuk ngeblog di mana saja, yang penting ada kuota.

    Betul kang, dengan blog walking jadi tambah teman, tambah ilmu wawasan, tambah penghasilan adsense dan syukur syukur tambah selingkuhannya eh ~ 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih mas Agus nih, kalo soal yg itu jgn bilang2 disini, itu kan rahasia kita berdua...

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  2. Banyak blognya ya, Mas. Bloggers yang postingannya selalu muncul paling atas dalam mesin prncarian mungkin gak perlu BW2an. Beda dengan saya masih baru, nulis pun semua perut ajah. he he ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah gak jg mbak, justru manfaat lain dr BW poin keenamnya ya itu dia.. bikin postingan blog muncul diposisi atas mesin pencari... akhirnya dpt jg poin keenam manfaat BW.. mksh mbak udh nambahin... 😊

      Hapus
  3. Template blognya ngingetin saya sama mwb mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak Srie jg dulunya pemain mwb ya? Sama donk ky mas Agus ama mas Satria tuh...

      Hapus
    2. Dan juga Mas Jaey, Mas Herman dll hihi

      Hapus
    3. @Jaey Zone:
      waaaah, ternyata byk ya mantan mwb, hehe... :D

      Hapus
    4. Mas khanif sama Budi juga dulu di mwb.😄

      Hapus
    5. @Agus Warteg:
      walah walaah... byk toh mas? ternyata... ngumpul semua pemain mwb, pada pensiun muda ya... hihihi... 😄

      Hapus
  4. Ser bloguero es genial, te mando un beso

    BalasHapus
  5. Meski peralatan terbatas, tapi cukup rajin mengurus banyak blog. Salut. Alat memang hanya penunjang, yang penting kemauan.

    Orang yang rajin blogwalking memang banyak temannya. Jika jumlah komentarnya saja sampai ratusan, tentu view nya lebih banyak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, memang bnr, yg penting niat dan kemauan, bahkan dulu sampe sempet2nya saya belain ke warnet berjam-jam hanya utk update blog, apalagi kalo pas liburan panjang tuh... :D

      Hapus
  6. Dengan blogwalking kita bisa bersilaturahmi dan aku nyasar ke sini 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... selamat nyasar deh kalo begitu, silahkan mau minum apa nih, es jeruk, es teh, wedang jahe, atau lemon tea...
      tp skrg yg lg ada cuma air putih doank nih, hehehe.... 😁 🤣

      ngapain luh nawar2in..

      Hapus
  7. Congrats dear friend! Managing 7 different blogsites is really takes time and difficult job. I wholy agree with you. According to me Every blogsite is very unique and nice. Sothat i try to examine more different blogsites with their subjects. Each gives an unique information to me. Thanks for this post. Happy weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy weekend my friend!
      Thank you for visiting 😊
      have a nice day

      Hapus
  8. Hah? 7 blog? wih keren Kang, saya yang satu blog aja masih males-malesan. Oiya, manfaat blogwalking salah satunya sebagai sumber ide dan inspirasi. Kadang kalau buntu juga bisa nemu ide dari baca-baca blog yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, dpt lagi poin ketujuh dari manfaat blogwalking. Yup dgn blogwalking, bisa memunculkan ide utk menulis, betul sekali!

      Kalo mas penasaran dan gak keberatan silahkan mas Supriyadi kunjungin ya semua blog saya tuh ada di pilihan menu atas yg tulisannya 'Other Blog'. Pasti saya kunjungin balik kok... ^_^

      Hapus
  9. Silatuhmi antar blogger ya mas😄

    BalasHapus
  10. it's good you are able to continue your hobby and blog at work! :)

    Hope that you are having a nice weekend :) Another cold one here, but it has stopped raining!

    Away From The Blue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for visiting my dear Friends :D
      have a nice day
      Hope that you are having a nice weekend too

      Hapus
  11. wah blogku cuma 3 udah kayak keteteran mas
    hebat sampai 7
    tapi memang harus curi2 waktu ya terutama di sela jam istirahat
    dan blogwalking tetap bahan bakar buat semangat ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Ikrom, hrs curi2 wkt nih, biasanya sambil ngetik kerjaan gitu plus sambil ngeblog juga, kalo ada Pak Boss lewat pura2 sibuk, hehehe... :D

      dasar... jgn ditiru yo mas..

      Hapus
  12. setuju dan cerdasnya kesimpulannya.... blog walking sangat penting, terutama yang suka saling kenal.....


    # Apa saja blognya?.... kasi link ke saya, ketika nanti "blog walking"

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, berarti mas Erlambang gak terlalu jeli nih, padahal link blog saya itu udh nemplok sejak blog ini dibuat. Tuh ada di menu atas yg tulisannya 'OTHER BLOG'

      Mampir yo mas... ke blog saya yg lain, atau tunggu aja deh nanti saya juga mampir pake blog saya yg lain.. :D

      Hapus
  13. blogger paruh waktu tapi sudah adsense? keren dong! kalo saya butuh blogwalking supaya nambah trafik, bisa mengusir kesepian dan terkadang muncul ide buat posting baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak, dulu diaprove adsense ama mbah Google tuh gak butuh wkt lama, hanya 3 bulan dari bikin blog yg pertama langsung diaprove... mungkin lg mujur aja ^_^
      atau mungkin mbah Google nya terkesima dgn 'keunikan' yg saya tawarin wkt itu, hehe... mdh2an aja adsensenya ttp langgeng, aamiinn...

      Betul, blogwalking juga dapat mengusir rasa sepi dan memunculkan ide utk menulis. Siip! Catat!

      Hapus
  14. Saya juga mas masih paruh waktu, masih ngurus satu blog mas. Semoga semangatnya bisa menular nih (^^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah saya tularin sepenuhnya ke mas Ridsal... 😄

      kata tmn blog lama saya sih.. CEMUNGUUUDD! gitu.. hehe..
      dibikin enjoy aja mas ngeblog tuh

      Hapus
  15. Emang bnr sih, Mas Penghuni60 ini blognya byk bgt, saya udh kunjungin semua blognya melalui link-link yg ada disekitar blog ini
    salut bwt Mas Wawan 😄
    Kalau aku ngeblognya masih malas-malasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah senang sekali rasanya ada yg rajin berkunjung di semua blog saya :D mksh yo mbak
      jgn males2an gitu ah, semangat donk!
      informasi tentang bunganya udh bagus kok. Saya juga penggemar bunga loh... ^_^

      Hapus
  16. Balasan
    1. Grazie amico
      Spero che la tua domenica sia più divertente ^_^

      Hapus
  17. Bagi saya, ngeblog adalah suatu kesenangan. Saya tidak punya apa-apa untuk ditambahkan pada apa yang tertulis di atas, namun saya setuju.
    Minggu yang indah!
    Terima kasih telah berkunjung!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Diana...
      terima kasih juga sudah berkunjung
      ^_^

      Hapus
  18. Haha ibaratnya gokil jg bang, ngeblog tanpa bw bagaikan lngit malam tanpa bintang...

    Sy emng bru pemula ngeblog tp saya kalo dikunjungin pasti kunjungi balik,, setidaknya bisa menambah ilmu dan teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gokil apa kayak judul lagu dangdut mas... hehe :D

      Hapus
  19. I am so sorry, but I don't speak your language and am unable to read your blog.

    BalasHapus
  20. wow hebat di tengah kesibukan masih nyempatin diri buat ngeblog. dan masih semangat. salut.... mengingatkan saya dulu ngeblog cuma mengandalkan hape java, lalu beli blackberry, lalu akhirnya kebeli juga laptop bekas dengan spek alakadarnya hingga kebeli laptop impian yang udah lama diinginkan tapi semangat ngeblog malah menurun. aku juga jarang silaturahmi walau kadang kadang masih suka blogwalking ke beberapa sobat ngeblog lainnya. tolong tularkan semangatnya ke saya..... sukses selalu ya salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah seratus persen sy tularkan semangatnya buat mbak Eva 😊
      Rajin2 berkunjung kesini mbak biar semangatnya makin nular
      😉👌

      Hapus
  21. Keren, 10 tahun nge-blog gokil abis, saya baru sekitar 6-7 tahunan bang. Emang bener sih ngeblog tanpa blogwalking itu kayak nasi tanpa lauk, berasa ada yang kurang. Eh bentar kok beda sama yang dkatakan abang tadi, ah sudahlah kan? artinya toh sama saja hahahaha

    Salam kenal bang penghuni 60 ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sama aja kok :D
      Tuh terbukti kan, blogwalking itu bisa nambah temen...
      nih buktinya, saya dpt tmn baru lagi, mas Sya-chan ^_^
      lam knl jg

      Hapus
    2. Salam kenal wahai Penghuni (ke-) 60 ^^

      Hapus
    3. Yess, SEMANGAAAAATTTT!!! ^_^

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Wow you have 7 blogs??? Hats of to you! Amazing work right here.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much my dear friend Aishu, have a nice day ^_^

      Hapus
  24. wah, memang betul nih. aku gak tenar karena memang lalai meluangkan waktu utk blogwalking. Maklum, team curi2 waktu juga di kantor utk blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeaaah akhirnya ktm blogger yg bernasib sama. 😂
      Sama2 ngeblog dikantor. Hehe..
      Toss

      Hapus
  25. Aku ngelola 1 blog aja kadang kewalahan mas, kalau lg sibuk ya blog ga keurus, lah gimana critanya mas yg punya 7 blog, OMG, salut banget deh.

    Akupun sering kok ngeblog pas jam kerja, kalau lg agak senggang hihi, kebetulan skrg2 ini lg ga banyak kerjaan, daripada cuma scroll sosmed ya mending buat BW ya kan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, gmn ya ceritanya bs punya 7 blog... mmmm... saya juga bingung, tp seingat saya sih, dulu, pas pertama bikin blog itu kan isinya campur aduk tuh kayak urab. Kesannya gimana gitu, nah trs ceritanya saya mulai bikin kategorinya, jadi dapat beberapa kategori tuh, didukung lagi sama pas dpt adsense dari google yg katanya sih lebih bagus blog itu isinya fokus pada satu tema, atau kalo gak salah namanya 'Niche Blog'

      Nah, sejak itulah kategori yg saya pisahin itu dibikinlah jd blog niche, yg mana isinya terbagi menjadi 7, yaitu Kesehatan, Sains, Art, Wisata, Film, Tutorial, dan Gado2.
      Maka terciptalah 7 blog itu.

      Hapus
  26. sebagai blogger yang blom punya jam terbang tinggi aku memang masih mementingkan blogwalking juga mas, ya itung itung nambah temen dan sedulur...hehe..tapi itupun ga cepet sih ga langsung bewe balik cepet, soalnya sekali lagi waktu...maklum sibuk juga kan di dunia nyata...jadi sesantainya aja kalau bewe..biar ga kayak diburu buru sesuatu gitu

    biar ga terkesan tebar jaring terlalu banyak eh akhirnya malah yang dibewein ga dibaca tuntas artikelnya atau sekedar screening kimming hahahha...kasihan juga aku sama yang nulis kalau komenku ngasal wkwkw

    makanya kuusahakan kalau bewe pas lagi santai slow...kalau bisa ya kalau artikelnya enak komennya juga agak panjangan dikit lah biar yang nulis semangat hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg pengennya sih seperti mbak Nita ini bisa punya wkt santai yg dipake utk BW, sehingga bisa bacain artikel secara slow...
      tp sayangnya saya gak bisa seperti itu, atau blm bisa mbak...
      makanya begitu dpt wkt, ya saya pakelah utk BW, kalo ketemu artikel panjang, jujur, biasanya saya baca pas bagian mau akhirnya aja, setengah terakhirnya aja, karena biasa disitu berisi kesimpulan. Nanti kalo punya wkt luang lg, biasanya saya balik lg utk baca keseluruhannya. Seperti itulah saya mbak... :D

      Hapus
  27. Aku salut banget sama masnya. Bisa ngurusin 7 blog lho. 7 blog itu banyak banget 😆. Aku aja ngurus 2 udah ngos-ngosan. Rasanya pengen aku hapus aja salah satunya. 🙈

    Ngomong-ngomong, aku juga suka blog walking, Mas. Bisa nambah temen dan nambah ilmu baru soalnya. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg gak tau knp mbak, kok bisa2nya ngurusin blog ampe 7 gitu, alhasil ya, yg keurus bgt cuma satu dua, tp ttp saya usahain utk selalu mengupdate nya... :D
      karena tema dari ketujuh blog tersebut memang tema2 yg saya demen...

      Hapus
  28. aku juga sama mas, ngeblog curi2 waktu di sela kerja, malahan kdang ga sempet buat blogwalking, karna setelah kerja aku biasanaya main game :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, kok mlh sempet2nya sih mas bisa maen game... :D

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry Teresa, your comment has a link
      Please don't put links in the comments
      if you don't want your comment to be deleted
      Thanks

      Hapus
  30. Keren! Jadi inget waktu kerja dulu, saya juga suka manfaatin waktu kosong untuk ngeblog. Tetap semangat ngelola blognya Mas! Apalagi punya 7 blog, pasti ngurusinnya pusing juga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, gak pusaing lagi mas...
      mumet, tp dibikin enjoy aja
      ^_^
      mksh mas Hendra udh berkunjung

      Hapus
  31. Tuh kan dia ngaku blog-nya ada 7, saya tau nih apa aja.. Hehehehe.. Tapi baru tau 3 aja termasuk yang ini. Yang 4 belum pernah liat :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masa sih blm pernah liat???? Atau gak jeli kali.. org pernah mbak sendiri pernah komen kok. Trs saya jg pernah ninggalin komen jg... 😏

      ksh tau jangan ya...

      Sebenarnya kalo jeli sih link semua blogku tuh tersebar di blog ini. 🙄

      Hapus
    2. Dapet lagi satu kemaren yang gambarnya transformers.. nanti kita cari yang 3 lagi.. hehehe..

      Aku satu aja mabok, Mas.. Keren bisa megang banyak blog dengan tema yang berbeda2 dengan fasilitas dan waktu yang terbatas.. Semangat terus!

      Hapus
    3. Ups, ketauan deh... hahaha... 🤣🤣🤣

      Hapus
  32. Olá!!!!
    Estou apreciando conhecer o seu blog
    É tudo muito novo e preciso intensificar as visitas para formular um comentário plausível.
    Posso dizer que o pouco que li me agradou bastante
    Grata por sua visita
    Um abraço

    BalasHapus
  33. hehehe... itulah manfaat blogwalking mbak... 😄

    BalasHapus
  34. Membalas kunjungan and a. Gila seram masuk blog ini. Hehe tidak jumpa butang follow balik. Kena buat secara manual jawabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol follow ada di halaman muka sebelah bawah blog :D

      Hapus
  35. Wih keren kak!!! semangat teruss..

    BalasHapus
  36. Setujuuuu bangettttt!
    Ada begitu banyak blogger yang membuktikan hal itu, salah satunya adalah saya, di awal-awal saya serius ngeblog, saya main ke semua blog teman-teman lainnya, dapat dari kolom komentar di mana saja.
    Lalu saya datangin blognya, berkomentar dengan baik di post nya yang menarik buat saya, dan hasilnya, saya jadi bisa dikenal lebih luas di dunia blogger karena itu.

    Rasanya takjub aja, bisa masuk ke dalam lingkaran blogger yang bahkan sudah senior.

    Dan saya liat, bukan hanya saya yang merasakan hal itu, banyak blogger yang jadi terkenal karena hobinya blog walking dan juga menghargai semua pengunjung blognya dengan membalas komentar yang masuk.

    Ah kangen deh masa saya rajin kek gitu, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, emangnya skrg Mbak Rey udh gak rajin gitu??? knp???
      semangat donk mbak.. saya 10 tahun lebih loh ngeblog meskipun kadang up kadang down tp gak pernah yg namanya berhenti ngeblog, karena saya udh berjanji pd diri sendiri, saya gak bakalan berhenti nulis sebelum nafas terakhir saya dihembuskan. Insya Allah... saya bahkan gak terlalu memikirkan apakah yg saya tulis ini bermanfaat atau tidak, karena tujuan saya hanyalah 'berbagi'

      Syukur Alhamdulillah jika memang ternyata tulisan saya ada manfaatnya buat yg lain.

      Hapus
  37. suka blog walking
    baca2 info dari blog lain
    dan setuju artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini nih sobat Penghuni 60 yg paling hobi bgt blogwalking, namanya udh tenar kemana-mana loh... tapi sampe skrg kok saya blm tau juga ya nama abang pemilik blog Obat Sakit 2011 ini siapa??? hehe... :D
      kenalin donk Bang, atau bocorin dikit2 deh...

      Atau jangan2 aku aja yg kurang jeli kali ya??

      Hapus
  38. Aku pegang satu blog aja sering lupa update. Ini pegangb7 blog. Keren banget sih mas...hahahhaa

    Aku bw buat nambah pengetahuan melalui cerita teman dan tentu saja untuk berkenalan dengan blogger lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, gak keren2 amat kok, ini tuh ceritanya udh terlanjur bikin 7 blog, meskipun yg keurus bgtnya cuma 3 blog, yg lain agak ketinggalan updatenya, tp gak masalah, yg penting ketujuh blog itu mewakili tema2 yg saya suka. Makanya ttp saya urus.

      betul blogwalking itu bs nambah temen baru :D

      Hapus
  39. Wah hebat masih bisa ngeblog di sela2 kesibukan, kalau aku walau ga sibuk ngeblognya tetap suka2 aja mas, bikin posting pas lagi kepengen aja hihi

    Soal blogwalking mas kadang juga dari misalnya mengunjungi 10 blog yang berkunjung balik cuma 3, tapi gak papa, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya tujuan blogwalking itu jgn berharap dikunjungin balik sob, nanti mlh kalo gak dpt kunjungan balasan bisa down semangat bw nya. Seperti yg saya bilang td, blogwalking itu utk mencari ilmu pengetahuan dan tmn baru itu saja, soal kunjungan balik ataupun komen balik, insya Allah akan mengikuti dgn sendirinya 😄😄

      ok sob, semangat ya!!

      Hapus
  40. BW itu memang menyenangkan, apalagi kalau wadah komennya begini, pakai Blogspot, gak ribet, cukup ketik komen dan sent.
    Kalau yang lain kadang ribet mesti ngisi alamat blog, isi alamat email dan isi nama, gak terintegrasi langsung hahahaha #modemalas

    Kalau pakai blogger gini, cepet.
    Soalnya kadang begini, sudah ketik komen panjang, eh salah pencet, ilang deh tulisannya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, pengalamannya sama kyk saya, paling pusing kalo ketemu model kotak komen kyk gitu, ujung2nya saya tinggalin mas blognya, biarin aja deh :D
      ya kesel lg kalo pas udh kelar baca postingannya panjang lebar eh nyari kotak komennya gak ketemu... berasa gmn gitu... hehe, tp ya itulah BW, rasanya kyk permen nano nano... ^_^

      Hapus
  41. Udah gelap, terus sepi kayak kuburan. Kekadang rindu juga dengan kolom komentar yang rame seperti ini. Hahaha
    Hanya saja, semakin ke sini beberapa blogger malah suka jingling dan ngirimin visitor bot ke blog. Hemm. Sedih juga aku mendapati fenomena semacam itu. Salam, Min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, khusus org2 yg suka komen nyepam kyk gitu, langsung saya blokir mas... gak perlu basa-basi lg.. :D

      Hapus
  42. Saluuut mas. Udahlah ngeblog dan BW nya pas di kantor, blog yg dikelola banyak pula :D. Aku ngurus 1 aja puyeng hahahaha.

    Setujuuu dooong ttg BW nya :D. Kalo aku mah suka BW, Krn aku memang suka baca :). Dengan membaca blog temen2 aku JD tahu gimana cara membuat artikel yg bagus, menambah kosa kata juga.

    Kedua aku pengen banyak temen. Krn sampe skr, udh banyak sih temen2 yg tdnya kenal di dunia maya, teus kwtemuan sblm pandemi. JD akrab.

    Ketiga, utk promosi blogku juga.ya tau diri aja, blogku ga seterkenal punya mba trinity ATO blogger kondang lain. Yakali cuma nunggu didatangin :p. Harus akunya yg aktif berkunjung duluan :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... harus jemput bola ya mbak :D
      kalo bolanya gak dijemput, gak masuk2 ke gawang, hehe :D

      iya nih mbak, ngurus 7 blog mumetnya minta ampun, sebenarnya sih kalo saya sebagai blogger 24 jam bisa dihandel, sayangnya saya kekurangan wkt utk ngeblog... dasar rakus saya tuh.. haha.. :D

      tp susah ya ngilangin yg namanya hobi tuh, pas kebetulan tema yg sya garap di ketujuh blog itu juga tema favorit, jd ya dibikin enjoy aja...

      Hapus
  43. Weeeeww 7 blog?? Buanyakkk beudd.. aku aja satu paling cuma bisa isi artikel 1 minggu sekali. Kadang 2 minggu sekali. Wkwkw 😄
    Kerenn loh masnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya gak dijadwal bikin artikelnya mas, sedapetnya aja. Sempet juga sih, update artikelnya langsung 3 blog sekaligus... hehe, itu kalo lg santai bgt :D

      Hapus
  44. Blog walking bisa dapetin temen blogger berbagai watak, meskipun hanya sekilas terlihat dumay hahaha :) BIsa dapetin inspirasi juga, info2 bermanfaat lho. Salam kenal ya, makasih udah mampir ke blog aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh juga mbak Nurul udh mampir kesini... ^_^
      senangnya dpt temen baru lagi

      Hapus
  45. banyak banget blognya??!! Aku ngurus sebiji aja sudah kewalahan buat aktif nulis :P

    BLogwalking itu seru banget karena jadi punya banyak informasi. Hanya saja terkadang meluangkan waktunya ini yang cukup sulit. Pengennya tuh BW di waktu yang santai, sambil rebahan, tapi kadang kalau lagi hectic bgt bener2 nggak sempat. Tapiii selalu kangen kalau udah lama nggak BW, jadi ya masih disempat2kan juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mbak,BW yg asik tuh emang sambil santai, jd baca artikelnya jg bisa ampe full.. kalo BW buru2 ya kadang baca artikelnya ngambil dari kesimpulannya aja di paragraf menjelang akhir tulisan. Semangat ya mbak! mksh udh mampir...

      Hapus
  46. Datang membuat kunjungan balas. yaa bener tu banyak kelebihan berblogwalking. Secara tak lansung terus dapat singgah dan kenal tuan blog di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... :D
      salam perkenalan mbak dari Malaysia... ^_^

      Hapus
  47. setuju bangett, dengan ngeblog jadi punya banyak temen rasa sodara padahal belum pernah ketemu
    kadang nih aku di depan laptop niat udah mo nulis, ehhh malah keenakan BW, dan nggak nulis nulis, terus kalau pas capek misalnya dan milih istirahat beberapa hari, suka kangen BW gitu, ketinggalan banyak cerita seru pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, betul mbak, kadang kalo udh BW tuh emang sih saya jg suka lupa pengen nulis, jadi ya waktu abis buat BW doank... soalnya kalo udh baca2 artikel temen2 semua tuh, berasa nemu hal2 yg menarik, jd lupa ama yg laen... :D

      Hapus
  48. Saya baru aktif lagi ngblog nih setelah beberapa tahun stop, ternyata teman-teman blogwalking saya sudah pada berhenti ngeblog.. semoga saya dapat teman-teman baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sering2 main kesini aja mbak ^_^

      Hapus
    2. Mau komen di blognya mbak Wiwi tuh susah banget ya, hrs daftar akun dulu, giliran udh daftar, eh verifikasi emailnya gak nongol2... piye toh mbak????

      Hapus
  49. Setuju, ayo kita kembangkan blogwalking. Sebagai seorang blogger amatir yang jarang bw, saya mulai tercerahkan dengan postingan ini. Salut dan tetap semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, bisa aja Mas Adi nih... ^_^
      Pdhl blognya mas Adi tuh kereen...

      Hapus
  50. sama banget. ngeblognya selalu disela-sela jam kantor. kalo aku gak sempet soalnya kalo di rumah, udah sibuk ngurus anak.. hehe

    sepakat. ngeblog tanpa blogwalking tuh kayak ada yang kurang ya. tapi kadang cari waktu buat bewe nya nih yang agak susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketemu juga ama blogger yg senasib, hehe :D

      Hapus
  51. pada awal blogging saya tak faham akan kepentingan BW. lama kelamaan saya tahu, inilah kelebihan blogging berbanding social media yang lain��

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, betul sekali, dimedia sosial yg lain, pasti gak ada yg namanya BW ^_^

      Hapus
  52. bener , aku setuju aku awalnya blogging hanya iseng, pertama kali blogwalking eh ternyata seru juga, banyak banget niche yang bervariasi hasil dari blogwalking. Ini juga seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bnr kan?? hehe :D blogwalking emang seru kok... sayangnya saat ini saya lg udh lama bgt gak bs blogwalking. Mdh2n bulan ini bisa bw lagi.

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.