Cara Cepat Bongkar Pasang Pedal Sepeda


Sabtu, 17 Desember 2016
Label: ,
Advertisement
Penghuni-60 | Cara Cepat Bongkar Pasang Pedal Sepeda

Memiliki hobi bersepeda memang harus mengetahui sedikit tentang bongkar pasang sparepart sepeda. Agar jika terjadi kerusakan, kita tidak selalu mengandalkan tukang bengkel sepeda untuk memperbaikinya. Hal ini juga berarti kita bisa menghemat pengeluaran biaya perbaikan.

Seperti beberapa saat yang lalu, saya pernah mencoba memperbaiki sendiri bagian gear belakang (freewheel) sepeda saya yang rusak, namun kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya membongkar dan memasang kembali pedal sepeda yang rusak.

Baca Juga:

Apa itu pedal sepeda? Pedal sepeda adalah bagian dari sepeda yang berfungsi sebagai pijakan kaki kita saat mengayuh sepeda. Karena seringnya mendapat tekanan dari kaki saat mengayuh, otomatis bagian sepeda yang satu ini mudah sekali rusak, apalagi jika terbuat dari bahan plastik yang sederhana, maka akan sangat cepat rapuh jika tidak terawat dengan baik.

Cara Cepat Bongkar Pasang Pedal Sepeda

Pedal sepeda itu jumlahnya ada sepasang, untuk bagian kanan dan kiri. Masing-masing pedal memiliki cara dan aturan sendiri untuk melepas dan memasangnya. Untuk itu disini akan saya jabarkan secara terpisah.

Namun sebelumnya, persiapkan terlebih dahulu alat yang diperlukan untuk membongkar / melepas dan memasang pedal sepeda. Alat yang dibutuhkan hanya satu alat, yaitu kunci pas nomor 15. Dan silahkan persiapkan juga pedal sepedanya yang baru, dapat Anda beli di toko sepeda terdekat di kota Anda, harganya terjangkau, berkisar antara 12 ribu hingga 15 ribuan (ini untuk harga pedal yang sederhana seperti yang terlihat pada gambar, harga ini sesuai dengan harga saat postingan ini dibuat, bisa berubah kapan saja).

Cara Cepat Bongkar Pasang Pedal Sepeda

Setelah alatnya siap, kita lanjut ke langkah berikut ini.

1. Cara membongkar / melepas dan memasang pedal sepeda bagian kanan

Cara Cepat Bongkar Pasang Pedal Sepeda

  • Untuk bagian pedal kanan, cara melepasnya adalah dengan memutar kunci pas ke arah berlawanan dengan arah jarum jam
  • Untuk memasangnya tentu berlawanan arah dengan saat melepas, yaitu searah jarum jam.
  • Silahkan tempatkan kunci pas pada baud yang ada di bagian ujung pedal, untuk bagian kanan biasanya bertuliskan huruf 'R' atau berasal dari inisial bahasa Inggris yaitu Right artinya kanan.
  • Putar terus sampai baud as pedalnya terasa mentok tidak bisa diputar lagi.

2. Cara membongkar / melepas dan memasang pedal sepeda bagian kiri

Cara Cepat Bongkar Pasang Pedal Sepeda

  • Untuk bagian pedal kiri, cara melepasnya adalah dengan memutar kunci pas ke arah searah jarum jam
  • Untuk memasangnya tentu berlawanan arah dengan saat melepas, yaitu ke arah berlawanan dengan arah jarum jam
  • Lakukan hal yang sama seperti saat melepas bagian kanan, hanya saja di bagian pedal kiri yang tertera adalah tulisan 'L' berasal dari kata Left yang artinya kiri.
  • Lakukan sama seperti sebelumnya, putar terus sampai mentok.

Jika sudah terbiasa dalam hal bongkar pasang sparepart, tentunya melepas dan memasang pedal sepeda ini tidak akan memerlukan waktu yang lama.

Jika masih belum jelas, silahkan Anda tonton video tutorial yang saya buat di bawah ini



Semoga pengalaman saya saat mengganti pedal sepeda saya yang rusak ini bisa membantu Anda yang punya kondisi sama dengan saya. Selamat ngoprek !! ^_^

PERHATIAN!
Dari beberapa kasus yang ada, ternyata ulir pedal sepeda itu ada yang tidak sama. Maka, jika Anda kesulitan menerapkan tutorial ini, cobalah untuk melakukan semua gerakan membongkar pasang pedal dengan arah 'KEBALIKAN' dari yang dijelaskan di tutorial ini, agar tidak terjadi salah paham. Dan mohon bagi para pembaca yang ingin berkomentar, BERKOMENTARLAH YANG SOPAN! Terima kasih.
*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

15 komentar:

  1. pedal sepeda sebelah kiri berbunyi. "kriet kriet", cara memperbaikinya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong kyk pedal sepeda saya yg baru skrg, barusan saya ganti lg pedalnya pake yg besi biar agak kuat, eh mlh bunyi 'kriet kriet'...
      Itulah resikonya kalo kita mengganti pedal dgn yg baru, kadangkala pedal tersebut tdk sesuai banget dgn tempatnya, alhasil menimbulkan suara seperti itu. Pedal itu kan sudah disetel jd kita gak mungkin bongkar2 pedalnya. Jadi saran saya sih dicoba dulu ksh pelumas di bagian As pedalnya. Karena timbul suara tersebut biasanya dari gesekan As.

      Hapus
  2. sialan banget ni orang , ngelantur, gara gara ngikutin kengelanturannya arm gw jadi pada codet , tebalik lu ngasih tau, yang bener lepas pedal kanan puternya searah jarum jam, bukan berlawanan jarum jam, kaco luh !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong ngomong yg sopan ya disini, atau kamu ga diajarin sopan santun, pantes aja... diliat videonya pake melotot ya.. itu video langsung saya praktekin sendiri masang pedal sepeda saya. kalo saya salah atau ngaco, knp sampe skrg sepeda saya masih jalan...??? elu kali yg gak tau mana arah putar jarum jam.. sini tunjukin ke saya videonya kalo emang cara elu yg paling bnr!!! sembarangan aja maen marah2 disini!!

      Hapus
    2. Gan,agan yg salah,kalo sebelah kanan tu klo mau nglepasin putar berlawanan,klo yg kiri baru searah jarum jam,intinya klo mau nglepasin di putar kearah belakang sepeda,dan klo mau ngemcengin putar kearah depan sepeda

      Hapus
    3. @Skylight ADK: Ga usah saling salah menyalahkan, pernah ada tmn yg bilang ke saya, kalo ulir pedal sepeda itu ada jg yg berbeda. Nah yg saya lakukan dan tulis diatas berdasarkan sepeda saya. Jd kalo ternyata berbeda, ya gak masalah. ikuti alurnya aja. oke?

      Hapus
    4. Kalo lo tu setiap sepeda beda" Gk usah buat tutorial gblk... Lah kan tutorial diliat semua orang tolol...dibilangin malah ngegas balik gblk

      Hapus
    5. @Komando: satu lg org yg gak bisa pake bahasa sopan muncul.. TERSERAH LU MAU NGOMONG APA! buang2 wkt aja jelasinnya, bikin tutorial sendiri aja deh...

      Hapus
  3. Harap, bagi para pembaca tutorial ini, dibaca keseluruhan isi postingannya, agar tidak ada salah paham. Dan berkomentarlah yang sopan, 'Anda sopan maka saya pun segan'. Tapi kalo Anda tidak sopan, saya lawan!

    Video tutorial diatas dibuat oleh saya sendiri. Jadi yang saya jelaskan diatas berdasarkan fakta. Jikalau pun ternyata ada sepeda yang ulirnya berbeda, maka gak usah ngotot mencari mana yang paling benar. Ikuti saja ulir sepeda Anda.

    BalasHapus
  4. Hihihi, senyum-senyum baca komentar di sini, heran sih ya, kenapa yang ngasih tutorial yang dimarahin, orang nggak dipaksa ikutin loh 😅

    Semangat yaaa, kadang memang kita menemukan orang-orang seprti itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya mbak... emangnya bikin tutorial itu gak pake barang nyata gitu, la wong yg saya videoin itu sepeda saya sendiri kok tp pada ngotot kalo saya salah. Ya kalo salah ya tinggal ikutin aja alurnya yg bnr mana? Trs bikin tuh tutorial sendiri, jgn marah2in org... mau ketawa tp saya gak bisa, karena saya juga capek bikin videonya. Ya seperti itulah org2 yg gak punya sopan santun tuh... bicara baik2 kan bisa.

      Hapus
  5. wahh kebetulan sepedah anakku juga adaa masalah sama pedalnya mas...untung sajaa nih artikelnya pas bangett nihh mas mengedukasi sekalii..hhehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp ati2 ya mbak, kalo ngikutin video tutornya gak bisa, jgn dipaksa. soalnya itu udh byk yg komen, ternyata alur pedal sepeda itu berbeda2

      Hapus
  6. Pas banget dirumah pedal sepeda lagi butuh diganti, untung baca tutorial ini jadi bisa langsung prakteklah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warning: jgn dipaksain ikut tutorialnya ya mbak kalo sekiranya gak sesuai. Soalnya pedal sepeda ternyata ulirnya ada beda.

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.