Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007


Senin, 14 Desember 2020
Label:
Advertisement
Penghuni-60 | Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007

Helloow sobat Penghuni 60 semuanya…apa kabar? Semoga hingga detik ini kabar kalian semua baik-baik saja dan sehat selalu. Meskipun pandemi masih belum hilang, namun tetap semangat untuk menjalani aktifitas dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protocol kesehatan.

Kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman sedikit yang sempat saya alami saat bekerja. Bagaimanapun pengalaman adalah sebuah pelajaran yang paling berharga, dan saya ingin berbagi hal berharga itu untuk sobat semua. Siapa tahu ada yang mengalami dan bingung mencari solusinya.

Baca Juga:

Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007
Kisah pengalaman Penghuni 60 meng-enable macro
---------

Ceritanya, pekerjaan saya selalu melibatkan pemakaian program Excel. Dan ternyata, masih banyak hal-hal yang belum saya kuasai. Salah satunya adalah tentang ‘macro’. Bagi Sobat yang bergelut dalam bidang programmer pasti udah gak asing lagi mendengar kata itu. Namun bagi yang belum tahu, saya bocorin dulu sedikit, Macro adalah sebuah otomasi di microsoft excel yang berisi perintah-perintah berurutan dimana berfungsi untuk melakukan tugas-tugas berulang atau repetitif.

Nah, ceritanya, salah satu teman kerja saya (dia seorang programmer ahli) membuatkan sebuah program di excel yang dapat dipergunakan untuk meringankan pekerjaan yang jika dilakukan secara manual akan sedikit menyita banyak waktu. Namun suatu waktu, tiba-tiba saja muncul sebuah jendela pesan eror saat menjalankan program tersebut, yang berbunyi:

“Because of your security settings, macros have been disabled. To run macros, you need to reopen workbook, and then choose to enable macros. For more information about macros, click Help.”

Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007
Pesan eror
---------

Nah, pesan eror tersebut sontak membuat kami kebingungan, lebih bingung lagi karena teman saya yang membuat program tersebut posisinya saat ini sedang diluar kota. Jika program itu tidak bisa dijalankan, otomatis pekerjaan akan menjadi lama dan banyak waktu yang terbuang tentunya. Alhasil, kami pun menghubungi si pembuat program, namun mungkin karena sudah lama tidak mengoprek program, teman saya malah bilang, “sebenarnya gampang itu, cukup di enable aja macronya… tapi saya udah agak lupa euy gimana caranya, hehe.. ”

GUBRAK!!! Lemes juga dengernya… tarik napas sebentar, lalu mau gak mau, jalan satu-satunya adalah ‘nanya ke mbah Gugel’.

Searching sana-sini, akhirnya menemukan cara seperti di bawah ini.

Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007. Langkah-langkahnya adalah:
  • 1) Buka program Excel 
  • 2) Klik ‘Office Button’ yang ada di pojok kiri atas, lalu klik ‘Excel Options
Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007
  • 3) Maka akan terbuka jendela baru Excel options, kemudian pada deretan menu yang ada di sebelah kiri, pilihlah ‘Trust Center
Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007
  • 4) Pada halaman Trust center, silahkan pilih ‘Trust Center Settings
Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007
  • 5) Pada jendela baru Trust Center, di deretan menu sebelah kiri pilihlah ‘Macro Settings’, dan di pilihan menu sebelah kanannya pilihlah ‘Enable all macros (not recommended; potentially dangerous code can run), lalu klik OK.
Cara Membuka Kunci Atau Enable Macro Di Excel 2007
  • 6) Tutup semua program, silahkan dibuka ulang program excelnya, bila perlu restart komputernya terlebih dahulu juga gak apa-apa. Selesai.

Ternyata mudah ya… kalo sudah tahu caranya pasti mudah. Sebenarnya, membuat enable all macros tidaklah direkomendasikan. Tapi jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk melakukan hal itu ya tidak masalah… jika tidak diperlukan banget, lebih baik jangan di enable all macronya.

Nah, itulah pengalaman saya saat mencari cara untuk membuka atau enable macro di excel. Semoga dapat membantu kalian yang juga mengalami hal yang sama seperti saya.

Selamat mengoprek, jaga protocol kesehatan, dan happy blogging selalu. ^_^

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

27 komentar:

  1. macro juga sering dipake sama gammer yang males ngejalanin misi misi yang berulang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ternyata, gitu toh... kayaknya mas gamer juga ya? :D

      Hapus
    2. ya lumayan mas kadang suka main game game yang beberapa orangnya ngobrolin pake macro

      Hapus
  2. Kalau sudah tau caranya memang mudah tapi kalau belum tau bisa bikin pusing tujuh windu seperti saya yang ngga begitu paham pemrogramnya komputer udah bingung lihatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lbh bingung lagi kalo ditunjukin ama bahasa programnya kali ya sob.. :D

      Hapus
  3. info yang bermanfaat nih kawan, semoga bisa saya gunakan suatu saat nanti, terima kasih atas ilmunya, he-he

    BalasHapus
  4. Saya tidak menggunakan komputer jadinya kurang paham masalah program Excel kang. Tapi tipsnya berguna sekali, pasti pusing dan panik kalo program eror ya, yang buat malah lupa cara enable nya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm, kalo gak pake komputer, ngeblognya pake apa sob???

      Hapus
    2. Pakai hape android kang, enak kok pakai hape tidak kalah dengan laptop atau komputer. Mana kuotanya lebih irit.

      Hapus
    3. hihihi, mungkin android mas Agus lbh canggih kali, kalo android saya mah jadul mas... jangankan buat ngeblog, buat buka email aja empot2an... :D

      Hapus
  5. Wah.ini ilmu yang bermanfaat. Walau tak mengerti dunia programmer tapi saya yakin,trik dan ilmu seperti ini memang sangat berguna. Bravo maa bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat berguna sekali sob... buktinya saya ampe kelabakan sebelum tau caranya.. :D

      Hapus
  6. Hallo mas Wawan salam kenal. Oh ya nama blognya penghuni 60, duh kesannya kok horor ya, atau perasaan saya saja hehehhe...

    Exel barangkali salah satu program windows yang mesti dikuasai oleh siapa pun, termasuk mempelajari tulisan ini karena kita tidak mungkin terus menerus menciptakan ketergantungan pada orang lain.

    Terima kasih mas Wawan, tulisannya sangat bermanfaat, saya suka mempelajari hal - hal baru di internet, apalagi yang berhubungan dengan windows.

    Semoga terus berbagi hal positif dan semangat selalu ya.. salam hangat dari teman baru. Jabat erat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo jg mas Martin.. wah salut sama mas Martin ini langsung tau aja nama saya Wawan, berarti memberikan perhatian penuh pada blog ini dgn membaca informasi di menu About ya.. :)

      Blog ini serem ya???? ah gak juga kok... mungkin karena warnanya aja yg gelap... tp jujur sih, saya emang suka yg serba horor dan misteri... jd tanpa sengaja mempengaruhi desain blog ini...

      Oya, mksh byk sudah berkunjung balik, salam kenal juga, kalo tdk keberatan di follow ya blognya, soalnya msh sedikit followernya..

      Sekali lagi, terima ksh byk mas Martin, sukses selalu, tetap jaga protokol kesehatan, dan happy blogging

      Hapus
    2. Hehhe terima kasih kang atas apresiasinya. Bukan senang dipuji melainkan senang dengan sambutan hangat melalui cara seperti ini...

      Hehehe itu hanya soal kebiasaan saja kang, tahu dulu siapa di balik layar supaya bisa menyesuaikan (termasuk gaya berkomentar di blog)..

      Iya mas, foto profil koboy USA dan komposisi warna juga nama penghuni 06 buat bulu kuduk berdiri kang, atau mungkin nyali saya yang kurang tajam kali hehee, just kidding kang...

      Aii kang saya cari - cari tombol follownya nda ada...?

      Sama - sama kang, doa dan harapan yang sama untuk kang...

      Hapus
    3. ah mas Martin bisa aja nih.. oya knp di blognya mas Martin gak ada kolom utk follow blog ya?
      Kalo di blog saya ada mas, tempatnya di halaman dpn (home) di bagian paling bawah tengah... roll aja ke bwh ampe mentok

      Hapus
  7. sangat membantu mas memang sering banget kita menghadapi masalah seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kok sering sih mas? pdhl, itu kalo udh di enable sekali saja bisa utk selamanya mas, kecuali ada yg merubah lagi ke posisi semula.. atau menjalankan programnya di komputer lain misalnya, pasti butuh di enable lagi...

      Hapus
  8. Yeah, Mbah Google for the rescue! Salam kenal ya.. sudah kunbal dan follback jg nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess, mbah Gugel emang top markotop dah! mksh mbak Annisa udh folback dan berkunjung di blog seram ane ini... hehe

      Hapus
  9. Bermanfaat sekali tutornya, gan.
    Terimakasih panduannya ya.

    BalasHapus
  10. Gracias por el tutorial, te mando un beso

    BalasHapus
  11. Caranya sangat mudah
    Tapi wajarlah, demi pengalaman.
    Untung punya teman yang tahu programer

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp dlm posisi gitu, saya mlh hrs bilang, "untung ada mbah Gugel"
      hehe... :D

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.