Cara Membersihkan Bagian Dalam Tombol Keyboard


Minggu, 19 Maret 2017
Label: ,
Advertisement
Penghuni-60 | Cara Membersihkan Bagian Dalam Tombol Keyboard

Benda-benda elektronik seperti komputer memang memiliki banyak bagian yang harus dijaga kebersihannya. Salah satunya adalah 'keyboard'.

Keyboard adalah bagian dari hardware komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memasukkan data, baik berupa abjad alphabet maupun nomor-nomor angka dan simbol-simbol tertentu. Data-data tersebut dapat dimasukkan dengan cara menekan tombol yang tertera pada keyboard. Pada umumnya, keyboard memiliki jumlah tombol sebanyak 104 tombol. Masing-masing tombol ada yang berperan untuk mewakili satu macam karakter, namun ada juga yang mewakili banyak karakter.

Baca Juga:

Nah, terkait dengan fungsinya yang berguna untuk memasukkan data, maka otomatis keyboard akan paling banyak digunakan selama menjalankan komputer. Sehingga tidak terlepas dari berbagai macam kotoran yang menyentuhnya. Baik itu debu yang menyelinap masuk ke ruangan bawah tombol, juga benda-benda kecil lainnya misalnya saja bekas staples, serpihan kertas, dan lain-lain. Bahkan keringat dari jemari pengguna komputer juga dapat menempel pada tombol keyboard.

Cara Membersihkan Bagian Dalam Tombol Keyboard

Untuk membersihkan bagian tombol keyboard yang terlihat memang sangatlah mudah, kita cukup mengelapnya saja dengan lap bersih. Tapi bagaimana cara membersihkan bagian dalam atau bagian bawah tombolnya? Nah, untuk membersihkannya otomatis memerlukan cara tersendiri dan dibutuhkan kesabaran.

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan bagian dalam atau bagian bawah tombol keyboard:
  • 1) Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah melepas semua tombol keyboard. Namun sebelum kita melakukannya, saya sarankan terlebih dahulu Anda mencatat posisi-posisi tombol pada secarik kertas, atau cukup memotretnya dengan ponsel sebagai pemandu Anda kelak setelah semua sudah dibersihkan. Cara melepas tombolnya adalah dengan mencongkel bagian atas tombol lalu menariknya ke atas. Lakukan cara yang sama untuk semua tombol yang kecil. Namun perlu diingat untuk tombol yang bentuknya panjang, seperti tombol spasi dan Shift biasanya akan ada besi pengaitnya, untuk itu tarik secara perlahan.
Cara Membersihkan Bagian Dalam Tombol Keyboard
  • 2) Setelah semua tombol berhasil terlepas, silahkan Anda dapat memulai membersihkan bagian keyboard tersebut yang sudah jelas terlihat oleh Anda betapa kotornya. Anda bisa menggunakan alat pembersih seperti kuas kecil, sikat gigi bekas, atau lap yang bersih. Ingat jangan menggunakan air, atau semprotan pembersih, yang ditakutkan malah akan menyerap mengenai bagian komponen keyboard lebih dalam dan justru dapat merusak sirkuitnya. Pada tahap inilah dibutuhkan kesabaran. Lap terus semua bagian hingga bersih.
  • 3) Setelah semuanya dibersihkan, maka Anda memasuki tahap memasang tombol keyboard.

Cara memasang kembali tombol keyboard

  • 1) Memasang tombol keyboard usahakan jangan terbalik. Mungkin untuk tombol keyboard yang tertera abjad alphabet atau angka dan tulisan Anda tidak akan kebingungan menentukan mana bagian yang bawah dan mana bagian yang atas. Tapi akan ada beberapa tombol yang tertera simbol seperti anak panah misalnya, Anda akan kesulitan menentukan mana bagian yang bawah dan bagian atasnya. Nah, untuk menentukannya silahkan Anda lihat bagian bawah tombol, disitu akan jelas terlihat ada semacam bagian pengait, nah bagian pengait inilah yang harus diletakkan di bagian bawah.
Cara Membersihkan Bagian Dalam Tombol Keyboard
  • 2) Masukan tombol pada tempatnya secara perlahan tegak lurus lalu tekan ke bawah sampai bunyi klik dan tombol sudah terkait masuk ke tempatnya.
  • 3) Untuk tombol panjang spasi, biasanya ada besi pengait tambahan, kaitkan terlebih dahulu besi itu pada tempatnya lalu sambil mendorongnya masuk ke tempatnya.

Jika belum jelas, silahkan tonton video tutorialnya di bawah ini, video tersebut saya buat sendiri hanya untuk membantu bagaimana cara untuk melepas tombol keyboard, memasang kembali tombol keyboard, dan membersihkan bagian bawah tombol keyboard dengan menggunakan sikat gigi bekas. Mohon maaf jika videonya kurang jelas.



Menjaga kebersihan keyboard sangatlah penting, usahakan untuk membersihkannya paling tidak cukup sekali sebulan saja. Dan jauhkan dari benda-benda seperti secangkir kopi, segelas minuman, dan hal-hal lain yang sifatnya dapat membahayakan komponen keyboard jika air dalam cangkir atau gelas tersebut tertumpah mengenainya. Jauhkan juga dari puntung rokok, khusus untuk Anda yang perokok.

Semoga bermanfaat...

*******
Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar