Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot


Rabu, 24 Maret 2021
Label:
Advertisement
Penghuni-60 | Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot

Helloow sobat Penghuni 60 semua, semoga hingga detik ini kalian semua masih diberikan nikmat sehat, aamiin…

Di postingan kali ini, saya ingin menulis sesuatu tentang ‘sampah’. Yup, tentunya dalam kehidupan kita pasti tidak terlepas dengan apa yang namanya sampah. Bahkan masalah yang paling pelik yang dihadapi oleh umat manusia itu adalah sampah, ia tidak hanya hadir di atas permukaan Bumi saja, ia juga ada di lautan, dan bahkan di luar angkasa sekalipun.

Baca Juga:

Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot
Bersihkan file sampah di PC sesering mungkin
---------

Tapi, yang ingin saya bahas disini bukanlah sampah itu semuanya, melainkan sampah yang ada pada komputer atau PC yang kita pakai sehari-hari. Lho, kok bisa? Ya iya donk, namanya juga sesuatu yang dipakai pasti menimbulkan sampah, namun sampah-sampah yang ada di komputer kita ini isinya bukan segala sesuatu yang berwujud dan menimbulkan bau, melainkan hanya beberapa jejak cache dan file saja.

Ada tiga macam jenis file sampah yang harus rajin kita bersihkan, yaitu: 
  1. File Temporary, berisi file-file sisa dari beberapa aplikasi yang pernah diuninstal 
  2. File Cache, jejak file sementara yang pernah kamu buka 
  3. File yang ada di Recycle Bin, berisi file yang kita hapus namun sepenuhnya belum terhapus, untuk menghapusnya secara permanen, maka Sobat harus menghapusnya dari Recycle Bin
Akan tetapi, jika semua file sampah tersebut tidak pernah kita bersihkan maka efeknya akan mempengaruhi kinerja komputer kita itu sendiri, alhasil komputer kita akan menjadi ‘lola’ alias loadingnya lama. Nah, kalo sudah seperti itu, pasti bikin Sobat kesel kan?



Sebenarnya banyak sekali cara untuk membersihkan file sampah, namun yang ingin saya bagikan ini hanyalah cara paling dasarnya saja, karena tidak membutuhkan software apapun.

Langsung saja, berikut cara membersihkan file sampah di PC / komputer: 
  1. Bukalah fitur Run yang ada di PC kita, caranya dengan menekan tombol Windows + R 
  2. Lalu ketikkan kata ‘temp’ (tanpa tanda petik), kemudian OK 

  3. Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot
  4. Maka akan muncul jendela baru yang berisi file temporary 

  5. Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot
  6. Hapus semua file dan folder yang muncul tersebut, namun jika ada satu atau dua file yang tidak bisa dihapus biarkan saja (file tersebut berarti sedang digunakan). 
  7. Setelah menghapus semuanya, kita kembali ke fitur Run, tekan lagi Windows + R 
  8. Kali ini ketikan kata ‘%temp%’ (tanpa tanda petik), kemudian OK 

  9. Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot
  10. Hapus lagi semua file dan folder yang muncul 

  11. Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot
  12. Terakhir adalah menghapus file yang ada di Recycle Bin, karena semua file temporary yang barusan kita hapus tadi belum terhapus secara permanen. Silahkan buka windows explorer, klik Recycle Bin yang ada di bawah, lalu klik kanan pilih Empty Recycle Bin. Muncul pertanyaan jawab Yes. 

  13. Cara Membersihkan File Sampah Di PC Agar Tidak Lemot
  14. Selesai
Itulah cara membersihkan sampah di PC atau komputer kita, Sobat bisa melakukannya sesering mungkin atau seminggu sekali juga cukup. Semoga cara ini dapat membantu kinerja komputer Sobat semua. Happy Blogging… ^_^

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

36 komentar:

  1. Oh begitu cara membersihkan sampah di PC atau laptop ya kang, hampir mirip dengan hape juga ya.

    Memang kalo hape atau PC sampahnya tidak dibersihkan maka akan lemot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Agus, makanya hape dan PC saya hampir selalu dibersihin terus, minimal seminggu sekali lah... tp kalo hape sih, hampir tiap hari, soalnya maklum, hape jadul memori juga dikit... kalo gak gitu ya, cpt ngehank deh...

      Hapus
  2. Yups benar banget mas tapi terkadang para pengguna PC jika sudah menghapus beberapa File terkadang enggan membersihkan chace secara berkala. Padahal pengaruhnya banyak yaa mas..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya juga, dulu juga saya tuh males bgt bersih2 kyk gini, tp ternyata, ada benernya jg, soalnya kalo gak dihapus2 itu file makin byk loh...

      Hapus
  3. Tahun lalu laptop jadul saya memori penuh, di defrag malah bikin makin penuh. Ternyata ya Allah.. memori sisanya ini sampai 60 GB!! entah berapa persentase saya buat waktu nyetting diawal2 beli laptopnya. Sekarang saya sisain 6 GB aja maksimal HEuheuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaah.. ampe segitunya ya mbak... defrag tuh bukannya utk merapihkan file ya mbak? tp tdk menghapus file sampah... setau saya itu.

      Hapus
    2. Iya mas, makanya pas di defrag,saya heran koq makin penuh memorinya. Ternyata saya baca2,saat dirapikan, ada file2 yg memang dikirim ke memori sisa.

      Hapus
    3. oh begitu.. pantes jd nambah penuh, wah ini info penting nih mbak, mksh udh dishare, kebetulan bgt saya paling gak pernah ngedefrag, udh waktunya yg butuhin lama kan?

      Hapus
    4. tergantung kapasitas yg mau di defrag kalau hampir penuh yg 256 GB aja bisa semalaman mas. Mungkin karena lemot. laptop keluaran 2018, 1 TB tp belum begitu banyak file (mungkin hampir 250 GB), saya coba cuma 5 jam kira2 utk C dan D

      Hapus
    5. Oh, gitu ya... soalnya tmn pernah ngedefrag PC punya kantor, eh ditanggal ampe seharian, msh blm kelar, gak tau kapasitasnya brp tuh..

      Hapus
  4. Mantap tutornya ..., Sekali aksi langsung bersih chache yang bikin kompi jadi lemot langsung tokcer lancar jaya digunain lagiiii ...

    Terimakasih tutor kerennya, suhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah, mas Himawan nih terlalu hiperbol kata2nya... bikin saya tambah semangat utk bersih2 kamar... ups, salah.. maksudku bersih2 PC gitu... hehe :D

      Hapus
    2. Wwkkk ..malah bikin aku jadi ngakak baca balasan komen dari mas admin blog ketjeh ini 😅

      Hapus
    3. ups, ssssssttt ada yg bilang aku kece, jd kpingin ngaca :D

      Hapus
  5. Tutorial yang sangat bermanfaat, Mas. Tinggal mempraktikkan. Terima kasih telah berbagi ilmu. Salam sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak, hehe, coba kalo bagi2 duit lbh asik kali ya... :D

      Hapus
  6. padahal lebih praktis pake cleandsk deh wkwkwk daripada manual gitu atau pake ccleaner

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mas, byk cara kok.. pake apa aja deh yg penting bersih... :D tp jgn pake sapu ya, gak bisa...

      Hapus
  7. Gasss mas, saya coba ke PC saya. Thanks bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. widiiih, bisa balapan donk kalo gitu, hehe..

      Hapus
  8. kalau udah bersih jadi enak ya gak lemot lagi..

    BalasHapus
  9. bisa langsung dipraktekkan....
    posting yang sangat bermanfaat

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas, silahkan dipraktekin...semoga bermanfaat

      Hapus
  10. bungkus dulu mas tutorialnya...sudah lama aku ga pegang leptop dan pc...cekelannya hp mulu...pantas hpku agak loading lama...soalnya jarang kuhapus chace nya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bungkusnya mau pake plastik apa daun nih mbak, hihihi... :D

      Hapus
  11. Bardzo ciekawy blog 😊 pozdrawiam 😊

    BalasHapus
  12. Mantap banget postingannya nih, saya termasuk orang yang cuma asal pake aja. Malah baru tau ada yang beginian, kudet banget ya haha

    Habis ini langsung tak praktekkin.. nice info banget 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah masa sih? bukannya Mas Edot tuh paling jago dlm hal ini...
      😁

      Hapus
  13. Saya dah lama gaj buka pc/laptop saya kang, karena lebih sering online pake hape. Setelah membaca posting ini saya jadi teringat kalo PC saya kemungkinan sampahnya udah segunung.

    Makasih udah ngingetin kang, sesegera mungkin saya buka laptopnya dan bersihkan sampahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hape skrg makin canggih ya kang, udh bisa menggantikan laptop... :D

      Hapus
  14. Great article! Smart phones covers every corner of here. Your article is very educated. Thank you for sharing!

    BalasHapus
  15. aku termasuk bukan orang yang rajin bersih bersih cache
    nunggu komputer eror atu lemot baru bingung bersihin :D

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.